keep smile..^_^

hai semua ekspresika hidupmu di sini!!!!

Kamis, 06 Oktober 2011

Perkembangan Hardware

Perkembangan computer dimasa yang lalu sangat jauh berbeda dengan computer sekarang, perkembangan computer sekarang di ikuti oleh perkembangan hardware. Computer dimasa mendatang bisa jadi berbeda dengan computer pada masa kini. Hal ini disebabkan adanya pengembangan prosesor ke berbagai arah.
Prosesor merupakan salah satu komponen terpenting dalam system computer. Prosesor bisa disebut sebagai otak computer. Prosesor hanya bertindak sebagai mesin pemroses tetapi tidak berfungsi sebagai pengingat ditangani oleh komponen tersendiri yang dinamakan memori yang dinamakan memori.
Prosesor memegang peranan penting dalam system computer dalam berbagai aspek seperti kenerja, dukungan perangkat lunak, keandalan dan stabilitas, pendingin dan komsumsi energi, dan dukungan motherboard.
Seiring dengan perkembangan mikroprosesor , maka dapat di perkirakan arah komputasi dimasa mendatang yaitu :
1 . CIP DSP
Cip DSP (digital signal processing) merupakan jenis chip yang ditujukan secara khusus untuk menangani pemrosesan suara dan video dan kemampuan pemanipulasian yang sangat cepat. Dimasa mendatang cip seperti ini bisa digunakan dalam computer, misalnya untuk membantu system pendengaran manusia.
2. Nanoteknologi
Teknologi ini, atom atau molekul yang berukaran dalamn orde nanometer dijadikan sebagai dasar untuk menciptakan mesin berukuran sangat kecil yang digunakan untuk menyimpan data atau melakukan tugas-tugsa tertentu. Sebagai contoh , computer molekuler menggunakan sebuah molekul untuk menggantikan transistor silicon, sedangkan computer titik , menggunakan sebuah electron untuk menggantikan transistor
3. Komputasi Optik
Komputasi dimasa mendatang bisa jadi tidak lagi menggunakan elektronika melainkan memakai optic atau optoelektronika. Dengan demikian cahaya akan menggantikan electron. Diharapkan komputasi optic dapat memproses ratusan kali lebih cepat daripada computer yang berbasis elektris.
4. Komputasi DNA
Komputasi ini didasarkan kenyataan bahwa informasi dapat ditulis ke setiap molekul ke DNA. Dengan biteknologi , DNA sintesis dapat dipakai untuk mempresentasikan sejumlah symbol untuk menggantikan system biner.
5. Komputasi Kuantum
Komputasi ini didasarkan pada teori mekanika kuantum. Informasi ini tidak lagi dinyatakan dengan 0 dan 1, melainkan dinyatakan dengan keadaa-keadaan partikel dasar.

Perkembangan teknologi hardware di dunia sudah sangat pesat sekarang ini. Jika kita telaah bentuk fisik barang-barang elektronik sejak dulu sampai sekarang, kita bisa menyimpulkan bahwa, teknologi zaman sekarang semakin kecil dan semakin canggih. Hal ini terjadi berkat penelitian yang terus menerus dan peningkatan kualitas dari tiap produk yang dijual di pasaran.
sebagai contoh adalah komputer. Pada era dulu, komputer berukuran sangatlah besar. Di mana ukurannya bisa mencapai suatu ruangan besar. Namun saat ini, komputer canggih sudah dapat kita bawa ke mana-mana. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi mikro. Sehingga suatu bagian dari komputer di kecilkan ukurannya sedikit demi sedikit seiring dengan berjalannya zaman. Dan diramalkan teknologi hardware di masa depan akan semakin berkembang ke ukuran yang lebih kecil lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar