keep smile..^_^

hai semua ekspresika hidupmu di sini!!!!

Senin, 07 Maret 2011

INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER

Interaksi manusia komputer (IMK) adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan,implementasi,dan evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait (Hewett,et al.,1992,1996)
Istilah “interaksi manusia komputer” atau “interaksi manusia dan mesin” melingkupi dua sisi,yaitu mesin dan manusia.Pertama kita perlu melihat istilah “mesin”.istilah mesin lebih populer dengan sebutan komputer.Berbagai jenis komputer yang kita kenal antara lain adalah mainframe,workstation, dan komputer pribadi.
IMK merupakan bidang antar disiplin ilmu,dan masing-masing disiplin ilmu memberi penekanan pada aspek yang berbeda.Beberapa disiplin ilmu tersebut antara lain :
1. Ilmu Komuter
2. Psikologi
3. Antropologi dan Sosiologi
4. Perancangan grafis dan tipologi
5. Terknik Elektronika
6. Ergonomik
7. Linguistik
8. Perancangan Industri
Lebih lanjut,dari sudut pandang ilmu komputer,disiplin ilmu yang disebutkan di atas dapat menjadi semacam pendukung IMK,seperti halnya fisika menjadi pendukung disiplin teknik sipil,atau teknik mesin yang menjadi pendukung robotika.Pelajaran yang dapat dipetik dari disiplin keteknikan adalah bahwa perancangan selalu mempunyai konteks,dan optimisasi yang selalu sempit dari satu bagian dalam perancangan tersebut akan dianggap tidak sah pada konteks yang lebih luas.Dengan demikian ,dari sudut pandang ilmu komputer secara langsung,adalah perlu untuk membahas IMK secara luas memberikan bekal kepada mahasiswa (dan praktisi)untuk menghindari kelemahan klasik yang memisahkan antara rancangan dengan konteks.
Selain itu perlu juga diketahui bahwa IMK berurusan dengan gabungan antara manusia dan mesin;struktur komunikasi antara manusia dan mesin,kemampuan manusia menggunakan mesin (termasuk kemampuan untuk dipeljari/lernability dari antar mukan yang digunakan);algoritma dan pemrograman antarmuak;isu-isu rekayasa yang muncul pada saat merancang dan membangun antarmuka; proses spesifikasi,perancangan dan implementasi antarmuka;serta biaya perancangan.